twitter
rss

“Bagaimana cara mudah untuk belajar matematika?”
“Belajar matematika adalah belajar hidup. Matematika adalah jalan hidup.”
Tidak semua orang mengambil matematika sebagai jalan hidup, justru kebanyakan orang menganggap matematika sebagai momok dalam kehidupan mereka. Padahal bila dicermati dengan baik, matematika bukanlah satu hal yang bukan tidak bisa dipelajari dan dikuasai. Ada beberapa orang belajar matematika hanya untuk kesenangan. Beberapa orang yang lain belajar karena kewajiban. Ada pula yang belajar matematika agar naik jabatan. Ada juga agar lulus UN, SPMB, UMPTN. Ada juga untuk menjadi juara. Yang paling terpenting yang harus kita ingat, bahwa pada dasarnya matematika sangatlah berguna bagi kehidupan kita sehari-hari.


Untuk dapat menguasai matematika dengan baik, kita seharusnya megetahui cara-cara yang perlu kita jalankan, misalnya :

1. Niat
    Sebelum melakukan dan mencapai segala sesuatu yang kita inginkan, hal pertama  yang  harus dimiliki seseorang adalah "Niat atau Nawaitu". Kerna dari sinilah akan terbentuk motivasi diri serta kesungguhan untuk berusaha maksimal di setiap hal yang kita inginkan.Begitu juga belajar matematika, benar2 dibutuhkan niat yang tulus dalam hati lo.....

2. Coba Pahami dan  Rasakan Manfaat atau kelebihan dari Matematika
    Bila dari awal kita sudah memberi label buruk pada matematika (seperti "sulit","menjengkelkan","ruwet","bikin mumet",dll) maka akan selamanya kita akan merasa bahwa matematika itu tidak penting bagi kehidupan kita. Dan mungkin akan selamanya kita selalu terpuruk saat menghadapi soal matematika bahkan yang mudah sekalipun. Untuk itu, cobalah lebih memahami dan menggali tidak hanya kekurangan matematika namun juga kelebihan dan manfaat2 yg akan kita dapat bila belajar matematika. Tanamkan dalam pikiran bahwa matematika itu sesuatu yang berguna, indah, menarik dan  menyenangkan. Jika kita telah dapat lebih memahami dan mencintai matematika, semua rumus yang terlihat njelimet tiba2 akan menjadi mudah untuk dipelajari. Bukankah ada pepatah "Cinta itu BUTA?".hehe

3. Sabar dan Terus Berusaha
    Satu hal yang harus selalu kita terapkan dalam hidup kita adalah SABAR.Orang yang mau bersabar cenderung mendapatkan hasil yang maksimal dalam sgala sesuatu yang dia kerjakan. kerna mereka menyadari bahwa tak mudah untuk mendapatkan yag terbaik dari yang paling baik. Dan kita juga harus ingat bahwa Allah lebih menyanyangi hamba2nya yang sabar dan tawakkal.

4. Rutin Belajar dan Berlatih di setiap ada kesempatan
Belajar matematika tidak bisa instant dan hanya sekali2 lho, dibutuhkan pengorbanan waktu dan pikiran untuk bisa benar2 menguasainya. Tidak perlu sampai berjam2 dalam satu hari, asal ada kesempatan 10menit pun cukup untuk kita gunakan belajar dan berlatih. Usahakan, belajar dan berlatih ini menjadi rutinitas wajib setiap hari. Karena jika kita sudah terbiasa, maka lebih mudah kita memahami materi2 matematika sehingga penguasaan materi menjadi lebih baik. Ada pepatah mengatakan "Tetaplah bergerak maju, sekalipun lambat. Karena dalam keadaan tetap bergerak anda menciptakan kemajuan. Adalah jauh lebih baik bergerak maju, sekalipun pelan, daripada tidak bergerak sama sekali". Begiu pula dengan belajar matematika, sedikit demi sedikit asal tetap  rutin jauh lebih baik daripada tidak mengerjakan sama sekali. Kerna pada dasarnya daya ingat otak manusia ada batasnya. Oleh karena itu, bila tidak rutin digunakan maka apa yg sudah dipelajari sebelumnya mudah dilupakan.

Beberapa tahap cara belajar yang baik:
a. Pelajari materi dan pahami rumus2 yang ada
b. Siapkan buku khusus Rumus2, kelompokkan sesuai materi untuk lebih memudahkan belajar
c. Cobalah sedikit demi sedikit mengerjakan soal2, dimulai dr soal yg paling mudah dan simple (Pilih yang ada contoh soal beserta pembahasannya)
d. Ulangi kembali mengerjakan soal tadi tanpa melihat contoh soal dan pembahasan, bila sudah mulai paham cari soal lain yang mirip dan coba kerjakan. Ini bisa dilakukan berulangkali sampai kamu mulai mengerti apa maksud dari soal yg sudah kamu kerjakan dan bagaimana cara menyelesaikannya.
e. jangan hanya belajar dari satu buku, cari buku referensi yang lain agar semakin mudah dalam mempelajari.
So, napa harus takut untuk mulai belajar????Ayo kita mulai dari sekarang. SEMANGAT :)


1 komentar:

  1. banyak2 latihan, itu kuncinya..

Posting Komentar